Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Audio Visual dalam Menyelesaiakan Materi Peluang pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon

Kwairumasabandar, Dewi Sartika (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Audio Visual dalam Menyelesaiakan Materi Peluang pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Multimedia pembelajaran berbasis audio visual merupakan salah satu multimedia pembelajaran dalam bentuk video yang menarik dan sebagai multimedia pembelajaran pelengkap dengan ilustrasi dan bahasa yang digunakan juga lebih komunikatif dan bersahabat. Penelitianinibertujuanuntuk mengembangkanmultimedia pembelajaran matematika berbasis audio visual dalam menyelesaikan materi peluang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon. Penelitian ini merupakan proyek penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan Robert Maribe Branch. Proyek R&D ini dibagi menjadi lima tahap, yang secara kolektif dikenal sebagai model ADDIE: analysis (analisis),design (desain),development (pengembangan), implementation (implementasi), danevaluation (evaluasi). Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) multimedia pembelajaran berbasis audio-visual dinyatakan sangat valid dilihat dari hasil akhir penilaian validator media dan materi sebesar 95% dengan kriteria sangat valid digunakan tanpa revisi, dan 2) multimedia pembelajaran berbasis audio-visual dinyatakan sangat praktis dengan penyebaran angket respon guru mata pelajaran yang memperoleh nilai persentase sebesar 91%. 3) Multimedia pembelajaran berbasis audio-visual dinyatakan efektif dalam pembelajaran, yang diketahui dari peningkatan hasil belajar sebesar 87,50% dengan kategori sangat efektif, sedangkan respon siswa pada uji coba skala kecil sebesar 82%, dan respon siswa pada uji coba skala besar mencapai persentase 95% dengan kriteria sangat praktis atau layak digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dikatakan bahwa multimedia pembelajaran audio visual yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat digunakan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon dalam pembelajaran matematika pada materi peluang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Mariana, M. Si / Pembimbing II : Dinar Riaddin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Matematika Berbasis Audio Visual
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:31
Last Modified: 05 Mar 2024 02:31
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4262

Actions (login required)

View Item View Item