Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Basil Belajar Matematika Pada Materi SPLDV Kelas VIII MTs Al-Hidayah Liang

Kohunusa, Sarni (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Basil Belajar Matematika Pada Materi SPLDV Kelas VIII MTs Al-Hidayah Liang. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi SPLDV setelah diterapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di MTs Al-Hidayah Liang. Tipe penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIJI MTs AI-Hidayah Liang yang berjumlah 24 orang siswa yang terdiri 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Liang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar dilihat dari peningkatan aktifitas dan hasil tes siswa sebelum dan sesudah tindakan. Setelah tindakan terlihat ada peningkatan aktifitas siswa dalam pembelajaran jika dibadingkan dengan aktifitas siswa sebelum tindakan. Seperti, siswa lebih fokus menyimak penjelasan guru, mulai berani mengajukan pertanyaan atau jawaban, dan mulai percaya diri dengan hasil kerja sendiri. Selain itu, peningkatan juga terdapat pada hasil tes siswa diantaranya hasil tes awal siswa memperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 25,56%, siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 55,44% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 81,84%. Dengan demikian terlihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model think pair share dalam pembelajaran matematika pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Apriani Nukuhaly, M. Pd / Pembimbing II : Kasliyanto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 02 Jul 2020 01:43
Last Modified: 02 Jul 2020 01:43
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item View Item