Mony, Gayarti (2023) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas VII yang Diajar dengan Metode Demonstrasi dan Metode Eksperimen pada Materi Ciri-Ciri Mahluk Hidup di PPS Shufah Hizbullah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (4MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Hasil belajar adalah kompetensi atau kemampuan tertentu yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dan meliputi keterampilan kognitif, afektif, maupun psikomotor. Penelitian ini menggunakan hasil belajar kognitif. Hasil belajar kognitif ini melihat perbandingan dari penerapan dua metode pembelajaran yakni metode pembelajaran demonstrasi dan eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbandingan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan metode demonstrasi dengan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental yang dilaksanakan pada tanggal 25 September-25 Oktober 2023 dan berlokasi di PPS Shuffah Hizbullah Kec. Lehitu, Kab. Maluku Tengah, prov. Maluku. Objek penelitian adalah Hasil Belajar Siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pada hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Demonsntrasi dengan nilai rata-rata sebesar 81,43 sedangkan pada metode pembelajaran Eksperemen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 61,33. Maka dapat disempulkan bahwa pencapaian hasil belajar pada kelas metode demonsntrasi lebih unggul.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. M. Faqih Seknun, M. Pd. / Pembimbing II : Zamrin Jamdin, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Belajar dan Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 02:20 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 02:20 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4281 |
Actions (login required)
View Item |