Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Perspektif Gender

Wadubun, Nuraini (2021) Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Perspektif Gender. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari perspektif gender. Serta tipe penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan instrumen tes dan daftar wawancara. Subjek penelitian ini adalah 2, orang siswa yang memiliki nilai yang tinggi. yang dilaksanakan sejak tanggal 15 Pebruari 2021 sampai dengan 15 Maret 2021. Dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, serta tes, dan teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan pada bab empat tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari perspektif gender sudah baik, hal ini dapat dibuktikan dengan indicator berpikir kreatif yaitu fluency dimana siswa dapat mencetuskan banyak gagasan dalam menyelesaikan masalah dengan baik, indikator flexibility berupa menghasilkan jawaban atau pertanyaan yang bervasiasi dimana siswa mampu merencanaan pemecahan untuk memberikan alasan-alasan dari pertanyaan tersebut, indikator originality siswa mampu memberikan jawaban yang baru atau yang sudah biasa dalam menjawab suatu pertanyaan terhadap solusi untuk menjawab pertanyaan yang ada, serta indikator elaboration siswa mampu mengembangkan/menambahkan atau merincikan gagasan sehingga meningkatkan kualitas gagasan tersebut sehingga dari bukti dan solusi tersebut siswa mampu mencapai titik kesimpulan yang baik dalam menyelesaikan soal yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd. / Pembimbing II : Fahruh Juhaevah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Aljabar, Gender
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:27
Last Modified: 14 Mar 2024 02:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item