Analisis Kemampuan Berpikir Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Pada Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon

Elly, Muhamad Fauzi (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Pada Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Berpikir analogi adalah suatu proses berpikir untuk memperoleh kesimpulan dengan menggunakan kesamaan sifat dan struktur dari hubungan suatu hal yang baru dengan suatu hal yang telah diketahui sebelumnya yang pada dasarnya berbeda. Yang mana dua hal yang diperbandingkan tersebut yang disebut sebagai masalah sumber dan masalah target, masalah sumber memiliki ciri-ciri yaitu diberikan sebelum masalah target, berupa masalah yang mudah dan sedang, dan dapat membantu menyelesaikan masalah target. pemecahan atau menyelesaikan masalah adalah sebagai suatu usaha mencari jalan keluar dari suatu kesulitan guna mencapai suatu tujuan yang tidak begitu segera. Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) adalah sebuah sistem kesatuan dari beberapa Persamaan Linier yang terdiri atas dua persamaan linier dan memiliki Dua Variabel yang sejenis dan masing-masing pangkat yang mengikutinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis kemampuan berpikir analogi siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts Hasyim Asy’ari Ambon, yang berjumlah 2 orang dari 4 siswa yang dilakukan tes berpikir analogi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, pernyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memenuhi berpikir analogi mampu memenuhi keempat indikator dalam berpikir analogi yaitu encoding, dimana siswa dapat mengidentifiksi setiap bentuk analogi dengan pengkodean karakterisitik pada masing-masing masalah, inferring dimana siswa dapat mencari hubungan diantara unsur-unsur yang diketahui pada masalah sumber, mapping dimana siswa dapat menghubungkan masalah sumber dan masalah target dengan membangun hubungan penarikan kesimpulan pada kesamaan hubungan , applying dimana siswa memilih jawaban yang cocok untuk melengkapi analogi. Pada siswa subjek S1 mampu menunjukan tahapan berpikir analogi dimana subjek S1 dapat melalui tahap enconding dengan baik, yaitu siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri atau struktur dari soal, tahap inferring subjek S1 dapat mencari hubungan diantara unsur-unsur yang diketahui pada masalah sumber, mapping subjek S1 siswa dapat menghubungkan masalah sumber dan masalah target dengan membangun hubungan penarikan kesimpulan pada kesamaan hubungan, applying dimana subjek S1mampu memilih jawaban yang cocok untuk melengkapi analogi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Djaffar Lessy, M. Si. / Pembimbing II : Dr. Ajeng Gelora Mastuti M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 21 May 2024 00:58
Last Modified: 21 May 2024 00:58
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4344

Actions (login required)

View Item View Item