Analisis Komponen Literasi Sains pada Buku Teks IPA Kelas VII Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 23 Ambon

Tatroman, Yanti (2023) Analisis Komponen Literasi Sains pada Buku Teks IPA Kelas VII Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Literasi sains (science literacy) merupakan kemampuan seseorang untuk memahami sains, mengkomunikasikan sains, serta menerapkan pengetahuan sains yang nyata untuk memecahkan masalah sehingga memiliki sikap dan juga kepekaan yang tinggi terhadap diri dan lingkungan dalam mengambil suatu keputusan berdasarkan pertimbangan Sains. Memahami ilmu sains dapat dikenal dengan istilah literasi sains. Rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain kurikulum dan sistem pendidikan, pemilihan metode dan model pengajaran oleh guru, sarana dan fasilitas belajar, sumber belajar, bahan ajar, dan lain sebagainya. Salah satu faktor yang bersinggungan dengan kegiatan pembelajaran peserta didik adalah sumber belajar berupa buku pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen literasi sains pada buku teks IPA Kelas VII materi klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 23 Ambon. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi (Content analysis), yang bertujuan untuk mengetahui komponen literasi sains pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs untuk Kelas IA dan buku teks IPA SMP/MTs Kelas VII materi klasifikasi makhluk hidup di SMP N 23 Ambon. Peneitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 November sampai 10 Desember 2023 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komponen literasi sains pada buku I dan buku II memiliki perbedaan terhadap setiap indikatornya. Indikator pengetahuan sains pada buku I dan buku II sebesar 7,5%, indikator sifat investigasi sains pada buku I dan buku II 12,5%, indikator cara berpikir sains pada buku I dan buku II sebesar 20%, indikator interaksi sains, teknologi dan masyarakat pada buku I dan buku II sebesar 10%. Dengan nilai koefesien kesepakatan pada buku I lebih besar dari bukuII yaitu buku I sebesar sebesar 1,1 dan buku II sebesar 1,65. Sehingga berdasarkan Chiappetta dalam penelitian Yusuf Hilmi Adisendjaja menginterpresetasikan koefesien kesepakatan pengamat maka, buku I termasuk dan buku II termasuk kategori sangat baik meski memiliki perbedaan namun kedua buku tersebut memenuhi kriteria kelayakan buku teks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Zamrin Jamdin, M. Pd / Pembimbing II : Tri Santi Kurnia, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, Buku Teks
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Jun 2024 12:06
Last Modified: 24 Jun 2024 12:06
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4369

Actions (login required)

View Item View Item