Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas X Listrik A SMK Muhammadiyah Ambon

Kwairumasabandar, Nursida (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas X Listrik A SMK Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan “kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi sistem persaman linear dua variabel”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Ambon dari tanggal 10 November sampai dengan tanggal 05 Desember 2019. Subjek penilitian ini adalah siswa kelas X Listrik A SMK Muhamadiyyah Ambon yang berjumlah 5 orang yang kemudian akan di berikan tes Kedua, dan diselesaikan dengan cara menggunakan think aloud. Setelah menyelesaikan soal, kemudian dari 5 orang tersebut peneliti melakukan wawancara untuk memastikan bahwa jawaban subjek ketika menjawab pertanyaan sama dengan hasil pekerjaannya. Kemudian dari 5 orang yang diwawancarai tersebut diambil 2 orang sebagai perwakilan untuk dijadikan subjek. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif siswa muncul ketika disajikan masalah matematis yaitu, memenuhi 3 karakteristik kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas X Lisrik A SMK Muhammadiyah Ambon memenuhi Karakteristik berpikir matematis siswa S1 yang menjawab benar dan memiliki struktur berpikir yang lengkap serta memenuhi 3 karateristik tersebut. Ketika proses pembuktian dalam memahami apa yang ditanyakan dalam soal, apa yang diketahui dalam soal, penyelesaian jawaban, membuktikan hasil jawaban dan menarik kesimpulan yang dapat di katakan baik. Sedangkan kemampuan berpikir reflektif siswa S2 memiliki struktur berpikir yang lengkap, karena dari hasil akhir keduanya memiliki hasil akhir yang sama, namun hanya cara penyelesaian yang berbeda. Dan dapat memenuhi 3 krateristik kemampuan berpikir. Proses pembuktian dalam memahami apa yang ditanyakan dalam soal, apa yang diketahui dari soal, penyelesaian jawaban, dan menarik kesimpulan yang dapat di katakan baik. Kata Kunci: Kemampuan berpikir reflektif matematis pada soal sistem persamaan linear dua variabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd / Pembimbing II : Nurlaila Sehuwaky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:15
Last Modified: 13 Jul 2020 01:15
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item