Implementasi Manajemen Kelas dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Seram Bagian Barat

Datumboyo, Nur Fitri (2024) Implementasi Manajemen Kelas dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III. V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Manajemen kelas memegang peranan sentral yang penting dalam membangun kompetensi profesional seorang guru. Kehadirannya memberikan dampak yang siginifikan dalam mengubah pradigma pendidikan, peserta didik bukan lagi subyek yang harus selalu aktif, sedangkan pendidik bukan lagi pusat pembelajaran melainkan bertindak sebagai fasilitator dan manajer kelas serta bertanggung jawab pada pelaksanaan proses pembelajaran yang kondusif dan bermakna dengan jalan memberdayakan segala komponen dalam kelas dan hal-hal yang mendukung lainnya. Untuk itulah penelitian ini dilakukan, yaitu untuk melihat bagaimana implementasi manajemen kelas dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, hambatan-hambatan pelaksanaan manajemen kelas serta upaya-upaya untuk meningkatkan implementasi manajemen kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Waktu penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Desember 2023 sampai dengan 15 Januari 2024. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi manajemen kelas dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melibatkan beberapa langkah penting. Guru-guru menyusun silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Al-Qur’an Hadits memuat tujuan pembelajaran yang mencakup, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara berkala, yakni di akhir setiap pelajaran, tengah semester, dan akhir semester. 2) Hambatan dalam pelaksanaan manajemen kelas yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang memadai. 3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan implementasi manajemen kelas antara lain melalui penguatan ilmu tajwid agar peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, dan guru memberikan bimbingan khsusus kepada peserta didik yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an, serta melakukan pengembangan materi pelajaran Al-Qur’an Hadits yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen kelas dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Seram Bagian Barat telah diupayakan dengan baik, akan tetapi beberapa penghambat yang terjadi masih menjadi sebab dalam mengurangi keefektifan dari pengimplementasian manajemen kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Kapraja Sangadji, M. Pd. / Pembimbing II : Habiba Waliulu, S .Pd., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an Hadits
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 11 Jul 2024 16:40
Last Modified: 11 Jul 2024 16:40
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4403

Actions (login required)

View Item View Item