Metode Inkuiri Berbasis Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Kerucut dan Lingkaran Kelas IX SMP Negeri 8 Maluku Tengah

Tomia, Wiwin (2023) Metode Inkuiri Berbasis Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Kerucut dan Lingkaran Kelas IX SMP Negeri 8 Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Metode inkuiri berarti suatu kegiatan belajar yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki suatu permasalahan secara sistematis, logis, analisis, sehingga dengan bimbingan dari guru mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Etnomatematika adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara matematika dan budaya. Selain itu matematika sebenarnya telah ada dalam suatu budaya maupun kebiasaan masyarakat untuk setiap individu maupun kelompok. Penggunaan matematika yaitu bercocok tanam, motif maupun artefak suku tertentu, makanan khas daerah dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri berbasis etnomatematika pada hasil belajar matematika pada materi kerucut dan lingkaran di kelas IX SMP Negeri 8 Maluku Tengah. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument soal tes dan lembar angket. populasi seluruh siswa kelas IX sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX 1 SMP Negeri 8 Maluku Tengah dengan jumlah 29 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial,penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana, uji hipotisis(t), uji normalitas,uji homogenitas, dan uji validasi. Berdasarkan uji-t, terlihat bahwa nilai sig = 0,830 > 0,05 atau thitung = -0.216 < 2,052 = ttabel dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak. Ini berarti tidak ada pengaruh yang signifikan dari metode inkuiri berbasis etnomatematika pada hasil belajar matematika pada materi kerucut dan lingkaran Kelas IX Smp Negeri 8 Maluku Tengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Inkiri Berbasis Etnomatematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:51
Last Modified: 18 Jul 2024 01:51
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4410

Actions (login required)

View Item View Item