Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Inkuiri pada Materi Ciri-Ciri Mahluk Hidup di Kelas VII MTs Al-Anshor Ambon

Walakula, Rama (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Inkuiri pada Materi Ciri-Ciri Mahluk Hidup di Kelas VII MTs Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Peningkatan hasil belajar merupakan sebuah proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru tentunya akan memberikan hasil belajar yang baik terhadap siswa. Hasil belajar merupakan realisasi atau pemekaran dari kecakapan-kecakapan potensial atau kapasitas yang dimiliki seseorang. Penguasaan hasil belajar oleh seseorang dapat dilihat dari perilakunya, baik dalam bentuk penguasaan dan pengetahuan. Permasalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran inkuiri pada materi ciri-ciri mahluk hidup Kelas VII MTs Al-Anshor Ambon. Tipe penelitian yang di gunakan dalam Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakaan selama 1 bulan sejak tanggal 01 Desember sampai dengan 01 Januari Tahun Ajaran 2021/2022. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTs Al-Anshor Ambon dengan jumlah subjek sebanyak 16 orang siswa. Untuk menganalisis data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji presentasi kemudian disesuaikan dengan acuan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian tentang strategi pembelajaran inkuiri ternyata dapat meningkatkan hasil belajar pada materi ciri ciri mahluk hidup di kelas VII MTs Al-Anshor Ambon, berdasarkan hasil tes pada pra siklus terdapat 5 orang yang tuntas secara KKM dan 11 orang tidak tuntas. Selanjutnya tes siklus I menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dengan strategi pembelajaran inkuiri pada materi ciri ciri mahluk hidup, hal ini dilihat dari 9 orang peserta didik tuntas secara KKM dan 7 orang tidak tuntas. Pada siklus II sudah meningkat menjadi 12 peserta didik tuntas secara KKM dan 4 tidak tuntas speserta didik dari 16 orang sudah mencapai ketuntasan secara KKM dalam proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Surati, M. Pd / Pembimbing II : Jamrin Zamdin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Ciri Ciri Mahluk Hidup
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:12
Last Modified: 24 Jul 2024 02:12
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4425

Actions (login required)

View Item View Item