Pengaruh Strategi Problem Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar Matematika pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII MTs Hasyim Ashari

Kelsaba, Reniati (2023) Pengaruh Strategi Problem Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar Matematika pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII MTs Hasyim Ashari. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran problem based learning merupakan pembelajaran berbasis masalah yang dapat membantu pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, yang memungkinkan dikembangkannya keterampilan berpikir siswa. Permasalahan dalam penilitian ini yakni Apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran problem based learning terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs Hasyim Ashari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh strategi pembelajaran problem based learning terhadap kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII MTs Hasyim Ashari yang terdiri dari 30 siswa. Variabel bebas : (X) Strategi Pembelajaran problem based learning Variabel terikat (Y) Kemandirian belajar siswa. Instrumen penelitian yaitu soal tes, angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data soal tes, lembar observasi, angket, dan, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran problem based learning terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs Hasyim Ashari. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Maka, hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternative (H1) diterima. Hal ini berarti model pembelajaran problem based learning mempengaruhi kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs Hasyim Ashari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Muhammad Rijal, M. Pd / Pembimbing II : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Peluang
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:29
Last Modified: 26 Jul 2024 02:29
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4433

Actions (login required)

View Item View Item