Pacina, Patma (2024) Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini di Raudatul Athfal Almeera Islamic School Jalan Air Kuning Lorong Alaka Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pengelolaan Program PAUD merupakan upaya pendidikan yang ditujukan untuk anak usia dini yang biasanya dari usia 0-6 tahun, Pengelolaan program PAUD meliputi beberapa aspek penting yang harus diperhatikan untuk memberikan pelayanan pendidikan yang optimal bagi anak-anak usia dini yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaiamana pengelolaan program pembelajaran PAUD di Raudatul Athfal Almeera Islamic School, serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pengelolaan program pembelajaran di Raudatul Athfal Almeera Islamic School Jalan Air Kuning Lorong Alaka Kota Ambon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan program pembelajaran pendidikan anak usia dini di Raudatul Athfal Almeera Islamic School. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pengelolaan Program Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini terdapat Perencanaan, yang didalamnya mencakup Program Semester, RPPM, dan RPPH. Pelaksanaan, dalam pelaksanaan mencakup kegiatan pembuka, kegiatan inti dan penutup. Pengawasan, pengawasan yang dilakukan melibatkan kepala sekolah dan kepala satuan. Evaluasi, bentuk evaluasi yang dilakukan difokuskan pasa hasil belajar dan perkembangan anak. selain itu yang menjadi Faktor pendukung dalam program pembelajaran yaitu, terjalinnya kerja sama antara pihak Raudatul Athfal Almeera Islamic School, puskesmas Arbes, dan kepolisian. Dan yang menjadi faktor penghambat yakni, kurangnya anggaran yang didapatkan, serta sarana dan prasarana yang belum cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan program PAUD di Raudatul Athfal Almeera Islamic School telah menggunakan fungsi manajemen yang baik dengan memiliki aspek yang berbeda-beda, akan tetapi beberapa penghambat yang terjadi masih menjadi sebab dalam mengurangi keefektifan dari pelaksanaan program pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I: Habiba Waliulu, S. Pd., M. Pd. / Pembimbing II : Fenny Adnina Daulay M, Pd |
Uncontrolled Keywords: | Program Pembelajara, Pendidikan Anak Usia Dini |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 06:25 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 06:25 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4445 |
Actions (login required)
View Item |