Sultan, Agus (2023) Manajemen Mentoring Agama Islam dalam Pembinaan Karakter Religius Siswa di SMP Islam Terpadu Al-Bina Masohi Kabupaten Maluku. Tesis thesis, IAIN AMBON.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAPUS-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana manajemen mentoring Agama Islam dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP Islam Terpadu Al-Bina Masohi dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat mentoring Agama Islam dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP Islam Terpadu Al- Bina Masohi. Tipe penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun lokasi penelitian berada di SMP Islam Terpadu Al-Bina Masohi. Waktu penelitian dilakukan dari tanggal 27 Juni sampai dengan 27 Juli 2023. Informan dalam penelitian terdiri dari 9 orang informan meliputi kepala sekolah, ketua tim mentoring, 3 orang guru mentoring dan 4 orang siswa. Teknik pengambilan data melalui wawancara dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan mentoring agama Islam di di SMP Islam Terpadu Al-Bina Masohi sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek meliputi: a. Perencanaan yang dilakukan merumuskan tim struktur perangkat, materi dan modul mentoring agama Islam. Pelaksanaan mentoring dengan kelompok kecil mulai dari 10-12 siswa dan metode halaqah dengan cara duduk lingkaran, kelompok besar gabung setiap kelas baik di aula maupun di lapangan, dan c. Evaluasi mentoring untuk mengetahui keberhasilan mentoring agama Islam pada evaluasi proses dan hasil. Faktor pendukung dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP Islam Terpadu Al-Bina Masohi diantranya; a. Faktor pendukung, dianataranya; 1). Faktor kesiapan tim mentoring (keterlibatan dewan guru secara umum dan khususnya guru agama islam) yang dibentuk kepala sekolah dalam pembinaan karakter religius siswa SMP Islam Terpadu Al-Bina Masohi 2). Faktor siswa, dimana partisipasi dari siswa SMP Islam Terpadu Al-Bina Masohi sangat baik dengan terciptanya kegiatan mentoring agama Islam, 3). Faktor sarana dan prasarana dalam mendukung kegiatan keagamaan di sekolah, dan 4). Faktor tersedianya modul materi mentoring. Hal ini memudahkan para pementor untuk mengisi mentoring agama Islam, dan b. Faktor penghambat mentoring agama islam dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP Islam Terpadu Al-Bina Masohi dianataranya: 1). Faktor kurangnya perhatian terhadap waktu yang digunakan baik pementor maupu mentee sehingga menghambat jalannya mentoring agama Islam, 2). Faktor kehadiran siswa tidak maksimal dibuktikan dengan adanya absen, dan 3). Faktor pengetahuan orang tua dan faktor waktu yang kurang memperhatiakan kegiatan belajar dan ibadah anak di rumah karena punya kesibukan atau pekerjaan di luar rumah.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Adam Latuconsina, M. Si. / Pembimbing II : Dr. Muh. Faqih Seknun, M. Pd. I. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Mentoring Agama Islam, Pembinaan Karakter Religius |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 00:56 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 00:56 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4571 |
Actions (login required)
View Item |