Analisis Berpikir Logis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Induksi Matematika Pada Siswa Kelas XI MIA 1 MAN Ambon

Bugis, Halima (2020) Analisis Berpikir Logis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Induksi Matematika Pada Siswa Kelas XI MIA 1 MAN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terjadinya proses berpikir logis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi induksi matematika kelas XI MIA 1 MAN Ambon. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan satu bulan di MAN Ambon terhitung dari tanggal 11 September sampai dengan tanggal 11 Oktober 2019. Subjek penilitian ini berjumlah 5 subjek yang mampu menyelesaikan soal berdasarkan karakteristik berpikir logis dan mampu untuk mengungkapkan apa yang dipertanyakan peneliti. Data dari 5 subjek tersebut diambil berdasarkan data think alouds, hasil kerja, dan wawancara. Dari 5 subjek tersebut, 3 orang menjawab benar dan diwakili oleh 1 orang, yang selanjutnya disebut sebagai subjek 1 (AD) dan 2 orang subjek menjawab salah namun setelah refleksi jawabannya menjadi benar yang diwakili oleh 1 orang, yang selanjutnya disebut sebagai subjek 2 (JA). Instrumen yang digunakan adalah soal tes, wawancara, serta catatan lapangan. Analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya proses berpikir logis siswa kelas XI MIA 1 MAN Ambon dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi induksi matematika memenuhi tiga kriteria berpikir logis. Proses berpikir logis siswa AD yang menjawab benar memiliki struktur berpikir yang lengkap dan memenuhi tiga kriteria berpikir logis. Yaitu proses pembuktian dalam keruntutan berpikir, kemampuan berargumen, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan berpikir logis siswa JA memiliki struktur berpikir tidak lengkap, karena ketika menyelesaikan masalah ada kesalahan yang dilakukan, artinya ada substruktur berpikir yang hilang, namun setelah refleksi menjadi benar dan memenuhi tiga kriteria berpikir logis yaitu proses pembuktian dalam keruntutan berpikir, kemampuan berargumen, dan penarikan kesimpulan. Karakteristik berpikir logis siswa dalam menyelesaikan masalah induksi matematika dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) tidak sempurnanya pembentukan substruktur berpikir pada proses keruntutan berpikir, mengemukakan argumen, dan penarikan kesimpulan, dan 2) adanya kegiatan melakukan refleksi sehingga muncul kesadaran membenahi proses penyelesaian yang salah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I, M. Pd / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Berpikir Logis Siswa Dalam Masalah Induksi Matematika
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:55
Last Modified: 30 Jul 2020 02:55
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item