Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Kelas VII MTs Negeri Ambon

Ulath, Shenny (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Kelas VII MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Yang dilaksanakan di MTs Negeri Ambon. Subjek penilitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Ambon yang berjumlah 4 orang yang diminta menyelesaikan soal tes dengan cara menggunakan think aloud. Berdasarkan data think aloud dari 4 orang siswa tersebut, 2 orang menjawab benar dan diwakili oleh 1 orang siswa dan 2 orang menjawab salah namun setelah di lakukan refleksi pada saat wawancara jawabannya menjadi benar diwakili oleh 1 orang siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan cara memberikan soal tes dan wawancara serta mengamati tingkah siswa dalam menyelesaikan soal tes, siswa yang menjawab benar memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik, dimana siswa dalam menyelesaikan soal tidak melakukan kesalahan, sedangkan siswa yang mampu menjawab benar tetapi masih keliru dalam mengerjakan soal memiliki kemampuan pemecahan masalah yang cukup baik, dimana jawaban yang dihasilkan siswa dari proses berpikir cepat dan terburu-buru. Namun setelah melakukan refleksi siswa dapat memperbaiki kekeliruannya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar kelas VII MTs Negeri Ambon yaitu siswa memiliki kemampuan pemecahan yang ditandai dengan terpenuhinya lima tahapan kemampuan pemecahan masalah. Siswa mampu membaca dan berpikir (read and think), mampu mengeksplorasi dan merencanakan (explore an plan), mampu memilih suatu strategi (select a strategy), mampu menemukan suatu jawaban (find an answer), mampu meninjau kembali dan mengembangkan (review and extend).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Ainun Diana Lating, M. Si / Pembimbing II : Fahruh Juhaevah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Operasi Aljabar
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 06 Aug 2020 00:23
Last Modified: 06 Aug 2020 00:23
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/464

Actions (login required)

View Item View Item