Analisis Kritis Pembaharuan Pendidikan Islam dalam Pemikiran Fazlur Rahman: Rekonstruksi Pendidikan Islam dan Relevansinya di Era Kontemporer

Buton, Dedi (2025) Analisis Kritis Pembaharuan Pendidikan Islam dalam Pemikiran Fazlur Rahman: Rekonstruksi Pendidikan Islam dan Relevansinya di Era Kontemporer. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (622kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep pembaharuan pendidikan Islam dari pemikiran Fazlur Rahman, dan untuk mengetahui relevansi pemikiran Fazlur Rahman tentang pembaharuan pendidikan Islam di era kontemporer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kepustakaan (Library Research), dengan teknik pengumpulan data yaitu penelusuran kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fazlur Rahman memandang pembaharuan pendidikan Islam harus dimulai dari rekonstruksi sistem pendidikan Islam. Ia mengusulkan reformasi kurikulum terintegrasi yang membentuk pribadi yang berakhlak, kritis, dan produktif secara intelektual. Pembaharuan ini mencakup pengislaman pendidikan sekuler, reformasi kurikulum pendidikan Islam, dan penguatan pendekatan rasional (hermeneutika) dengan metode double movement dalam memahami wahyu serta membangun ijtihad. Adapun relevansi pemikiran Fazlur Rahman terhadap pendidikan Islam di Era Kontemporer adalah pemikiran Fazlur Rahman sangat relevan untuk menjawab tantangan pendidikan Islam di era kontemporer. Dalam konteks globalisasi dan kemajuan teknologi, pendekatan Fazlur Rahman menekankan pentingnya Islamisasi ilmu pengetahuan dengan memasukan nilai atau prinsip Islam ke dalam pengetahuan modern seperti ekonomi syariah adalah bentuk reinterpretasi terhadap ekonomi konvensional, pengembangan kurikulum terpadu antara ilmu agama dan sains seperti mempelajari ayat-ayat Al-Qur’an dihubungkan dengan ilmu pengetahuan alam (sains), reformasi sistem pendidikan Islam dengan cakupan materi yang terintegrasi dengan penerapan pendekatan hermeneutika ganda dengan metode double movement dalam penafsiran Al-Qur’an dan metode pembelajaran yang kritis analitis seperti studi kasus atau problem solving, pendidikan moral dan etika sebagai pondasi seperti penekanan pada nilai keadilan, kejujuran, tanggung jawab, amanah dan lain sebagainya. Pemikirannya mendorong pendidikan Islam agar tidak hanya berorientasi pada pelestarian teks, tetapi juga pada transformasi sosial dan pengembangan ilmu pengetahuan yang kontekstual. Hal ini sejalan dengan tuntutan zaman yang membutuhkan lulusan pendidikan Islam yang adaptif, solutif, dan mampu menjawab tantangan multidimensional zaman modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Muhajir Abd. Rahman, M. Pd .I / Pembimbing II : Nur Khozin, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Pembaharuan Pendidikan Islam Fazlur Rahman
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:18
Last Modified: 24 Jul 2025 02:18
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4666

Actions (login required)

View Item View Item