Implikasi Penerapan Uji Similaritas Skripsi Mahasiswa Program Studi PAI FITK IAIN Ambon Angkatan Tahun 2021

Bugis, Yunita (2025) Implikasi Penerapan Uji Similaritas Skripsi Mahasiswa Program Studi PAI FITK IAIN Ambon Angkatan Tahun 2021. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
Cover.pdf

Download (983kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (512kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (435kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (419kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
Bab 5 - Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui penerapan uji similaritas skripsi mahasiswa Prodi PAI FITK IAIN Ambon angkatan tahun 2021. 2) untuk mengetahui implikasi penerapan uji similaritas skripsi mahasiswa Prodi PAI FITK IAIN Ambon angkatan tahun 2021 Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan agama islam. dengan subjek penelitiannya yaitu pihak prodi, operator turnitin, dosen pembimbing, dan mahasiswa PAI angkatan tahun 2021. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan yang pertama, penerapan uji similaritas skripsi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) FITK IAIN Ambon, telah dilaksanakan secara bertahap sejak akhir tahun 2021 dan diperkuat dengan pedoman resmi institut pada tahun 2022. Melalui berbagai upaya sosialisasi dan edukasi seperti pelatihan teknik penulisan ilmiah, penggunaan aplikasi Mendeley, serta integrasi materi ke dalam mata kuliah, program studi berhasil membangun kesadaran pentingnya orisinalitas karya ilmiah. Meskipun terdapat kendala teknis dan keterlambatan dalam proses pemeriksaan, penerapan uji similaritas terbukti mendorong mahasiswa untuk menulis secara mandiri dan menghindari praktik plagiarisme. Yang kedua implikasi penerapan uji similaritas mencakup adanya kecemasan mahasiswa terhadap hasil uji serta hambatan waktu, namun hal ini sekaligus memotivasi mereka untuk meningkatkan kualitas tulisan. Selain itu, uji similaritas turut berperan dalam meningkatkan keterampilan menulis ilmiah, membentuk pola pikir kritis, serta menumbuhkan budaya akademik yang jujur, kreatif, dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Saddam Husein, M. Pd.I/ Pembimbing II : Andi Rahmat Abidin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implikasi uji similaritas
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Muthmainnah Raharusun
Date Deposited: 11 Aug 2025 00:51
Last Modified: 11 Aug 2025 00:51
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4730

Actions (login required)

View Item View Item