Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

Analisis Pengaruh Video Edukasi dan Sumber Daya Online Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas

Takartutun, Dhean Fahria (2025) Analisis Pengaruh Video Edukasi dan Sumber Daya Online Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
Cover.pdf

Download (754kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (383kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (588kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (460kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5 - Lampiran.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan video edukasi dan sumber daya online terhadap pemahaman konsep matematika siswa Sekolah Menengah Atas, khususnya pada materi relasi dan fungsi. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa yang tercermin dalam hasil Ujian Nasional beberapa tahun terakhir. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen, melibatkan satu kelas eksperimen sebanyak 20 siswa kelas X SMA Al-Hilaal Ambon. Instrumen yang digunakan berupa tes pre-test dan post-test serta angket respon siswa. Pembelajaran pada kelompok eksperimen dilakukan menggunakan media video edukasi dari YouTube dan aplikasi GeoGebra sebagai sumber daya online interaktif. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test dengan nilai signifikansi 0,001 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan video edukasi dan sumber daya online secara terpadu memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa seluruh siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran berbasis video dan aplikasi, baik dari segi motivasi, keaktifan, maupun pemahaman konsep. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan memanfaatkan media digital seperti YouTube dan GeoGebra dapat meningkatkan efektivitas proses belajar dan pemahaman siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Djaffar Lessy, M.Si, PhD/ Pembimbing II : Dinar Riaddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika GeoGebra, YouTube, Relasi dan Fungsi
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sitti Muthmainnah Raharusun
Date Deposited: 19 Aug 2025 00:33
Last Modified: 19 Aug 2025 00:33
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4738

Actions (login required)

View Item View Item