Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

Penggunaan Diglosia pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA Negeri 11 Seram Bagian Barat (Kajian Sosiolinguistik)

Tubaka, Anisa Nursida (2025) Penggunaan Diglosia pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA Negeri 11 Seram Bagian Barat (Kajian Sosiolinguistik). Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang masalah terkait Penggunaan Diglosia Pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA Negeri 11 Seram Bagian Barat.Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis fungsi dan fenomena Penggunaan Diglosia Pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA Negeri 11 Seram Bagian Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 11 Seram Bagian Barat. Teknik analisis data menurut Miles Huberman Saldana 2014 yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan data menggunakan tringulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa SMA Negeri 11 Seram Bagian Barat di kelas, terjadi fenomena diglosia, yaitu penggunaan dua ragam bahasa secara bersamaan. bahasa Indonesia sebagai bahasa tinggi (formal) dengan jumlah data 20 data dan bahasa Melayu Ambon sebagai bahasa rendah (nonformal) dengan jumlah data 7 data kemudian penggunaan dua variasi bahasa antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu Ambon terdapat 10 data . Fenomena ini tampak dalam interaksi antara guru dan siswa maupun antar siswa sendiri. Bahasa Indonesia digunakan dalam situasi resmi, seperti saat guru menjelaskan materi atau ketika siswa melakukan presentasi. Sebaliknya, bahasa Melayu Ambon muncul dalam situasi santai, ekspresi spontan, atau ketika guru berusaha menyederhanakan penjelasan agar lebih mudah dipahami oleh siswa. pada fungsi penggunaan diglosia pada proses pembelajaran bahasa indonesia siswa SMA Negeri 11 Seram Bagian Barat terdapat 6 data. Penelitian ini menganalisis fungsi dan fenomena diglosia dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa SMA Negeri 11 Seram Bagian Barat, berlandaskan teori Charles A. Ferguson

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Susi Hardila Latuconsina, M. Pd/ Pembimbing II : Nanik Handayani, M Hum
Uncontrolled Keywords: Diglosia, Pembelajaran, Siswa SMA Negeri 11 SBB
Subjects: Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Sitti Muthmainnah Raharusun
Date Deposited: 21 Aug 2025 00:22
Last Modified: 21 Aug 2025 00:22
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4743

Actions (login required)

View Item View Item