Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_Pengaruh penggunaan metode tanya jawab terhadap hasil belajar siswa kelas XII MAN Ambon

Fadeda, Dwi Ayu Semilestari (2024) SKRIPSI_Pengaruh penggunaan metode tanya jawab terhadap hasil belajar siswa kelas XII MAN Ambon. Skripsi thesis, UIN A. M. Sangadji Ambon.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (709kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (716kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (507kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode tanya jawab erat kaitannya dengan hasil belajar peserta didik, karena materi yang disampaikan guru baik maka hasil belajar peserta didik baik. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh metode tanya jawab terhadap hasil belajar siwa pada materi genetika di kelas XII MAN Ambon. Tujuannya untuk mengetahui adanya pengaruh metode tanya jawab terhadaphasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII IPA, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA 2 sebanyak 20 orang. Kemudian, teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment, dan pada taraf signifikansi 1% dilanjutkan dengan uji t dengan kaidah pengujian: jika thitung ≥ ttabel maka tola H0 yang artinya signifikan. Setelah data diuji kemudian di analisis, didapat korelasi product moment r = 0,08 antara metode tanya jawab terhadap hasil belajar genetika sangat rendah. Sedangkan nilai determinan atau koefisien besarnya kontribusi metode tanya jawab terhadap hasil belajar materi genetika di kelas XII MAN Ambon ditentukan dengan rumus: KP= r2 x 100% = 0,08 x 100 = 8%. Hal tersebut berarti metode tanya jawab memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 8% dan sisanya 92% dipengaruhu oleh variabel lain. Kemudian uji t didapat thitung = 0,34 dan ttabel = 2,878 atau thitung ≤ ttabel maka H0 diterima, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan metode tanya jawab terhadap hasil belajar materi genetika di kelas XII IPA 2 MAN Ambon. Kesimpulannya adalah terdapat korelasi positif metode tanya jawab terhadap hasil belajar materi genetika kelas XII MAN Ambon sebesar 0,08 dan besarnya pengaruh metode tanya jawab terhadap hasil belajar materi genetika kelas XII MAN Ambon sebesar 8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Janaba Renngiwur, M.Pd Pe,mbimbing II: Zamrin Jamdin, M.Pd
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 24 Nov 2025 06:27
Last Modified: 24 Nov 2025 06:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4788

Actions (login required)

View Item View Item