Peran Orangtua dalam Membimbing Kepribadian Anak di Dusun Katapang Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat

Rasidi, Tahmid (2018) Peran Orangtua dalam Membimbing Kepribadian Anak di Dusun Katapang Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Orangtua merupakan peletak dasar pembentukan kepribadian seorang anak. Dirnana orangtua memilki tanggunggg jawab besar dalam setiap tahap perkembangan seorang anak. Sebagaimana diketahui anak juga adalah amanah, maka orangtua harus menjaga hal itu. Jika orangtua kurang memperhatikan hal tersebut, maka tentulah anak akan terjerumus dengan kepribadian yang kurang baik. Penelitian ini untuk menjawab permasalahan berikut: Bagaimana peran orang tua dalam membimbing kepribadian anak, apa saja faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi peran orangtua dalam membimbing kepribadian anak di Dusun Katapang Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode kualitatif merupakan pencarian fakta dengan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai suatu fenomena yang diselediki. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan yakni teknik analisis dekriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan realitas yang terjadi dilapangan. lnforman dalam penelitian ini yaitu; Kepalah Dusun, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, empat anak yang berumur 5-10 tahun, dan empat orangtua dari keempat orang anak yang berumur 5-10 tahun di Dusun Katapang. Hasil penelitian menunjukan peran orangtua dalam rangka membimbing kepribadian anak di Dusun Katapang Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat, bahwa berdasarkan basil penelitian peneliti dilapangan menunjukan peranan orangtua sangatlah penting dalam membimbing kepribadian seorang anak dengan cara orangtua menanamkan keteladanan, menanamkan pendidikan agama pada anak, metode nasehat, mengajarkan anak berperilaku yang baik dan menegakan aturan kepada anak. Sedangkan faktor pendukung dan faktor penghambat orangtua dalam membimbing kepribadian anak di Dusun Katapang Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat yaitu: 1) Faktor Pendukung: Lingkungan pendidikan sekolah, dan Taman Pengajian Al-Qur'an (TPQ). 2) Faktor Penghambat : Kesibukan Orangtua, Pengaruh Lingkungan dan teman sebaya, dan Kurangnya kebersamaan orangtua dengan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Hj. Ainun Diana Lating, M. Si / Pembimbing II : Iftiya Salwa Tuanaya, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Peran Orangtua Dalam Membimbing Kepribadian Anak
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Berdasarkan Subyek > Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:27
Last Modified: 25 Aug 2020 02:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item