Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_ Pengembangan (Lembar Kerja Peserta Didik ) LKPD Berbasis Scaffolding Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas VII SMP Negeri 23 Ambon

Dg Parany, Siti Aisyah (2025) SKRIPSI_ Pengembangan (Lembar Kerja Peserta Didik ) LKPD Berbasis Scaffolding Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas VII SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, UIN A. M. Sangadji Ambon.

[img] Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (780kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran LKPD Keanekaragaman Hayati berbasis scaffolding di SMP 23 Ambon sebagai bahan ajar bagi peserta didik kelas VII untuk mengetahui kualitas LKPD Keanekaragaman Hayati berbasis scaffolding di SMP 23 Ambon sebagai bahan ajar bagi peserta didik kelas VII dan untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan LKPD Keankeragaman Hayati berbasis scaffolding di SMP 23 Ambon sebagai bahan ajar peserta didik kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitain pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yakni define (pendefinisian), design (perencanaan),develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Ambon. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dengan jumblah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angekt validasi LKPD, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik dan tes hasil belaja Hasil dari penelitain ini menunjukan bahwa LKPD dinyatakan valid dari ahli materi dengan persentase materi 84% ,aspek media sangat valid dengan persentase 92% dan aspek bahasa sangat valid dengan persentase 94%.Uji kepraktisan denan persentase mencapai 89 dengan kriteria sanat praktis. Hasil respon peserta didik terhadap LKPD dan kegiatan pembelajaran dengan rata-rata total 99% dengan kriteria sangat positif. Hasil test post-test mecapai 91% dengan tafsiran efektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak diujicobakan dalam proses pembelajarab di SMP Negri 23 Ambon. Serta memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran dan dapat menjadi referensi bagi pengembangan media pembelajaran lainnya di masa depan Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Scaffolding, Keanekaragaman Hayati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Hj Cornely Pary,M.Pd Pembimbing II: Janaba Renngiwur, M.Pd
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 26 Nov 2025 02:38
Last Modified: 28 Nov 2025 01:02
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4799

Actions (login required)

View Item View Item