Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_Membedah kesalahan siswa dalam soal PISA: pendekatan komprehensif berbasis teori Nolting

Zulkifli, Astianur (2025) SKRIPSI_Membedah kesalahan siswa dalam soal PISA: pendekatan komprehensif berbasis teori Nolting. Skripsi thesis, UIN A. M. Sangadji Ambon.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (941kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (500kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (841kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (421kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (6MB)

Abstract

Membedah Kesalahan Siswa dalam Soal PISA: Sebuah Pendekatan Komprehensif Berbasis Teori Nolting" adalah analisis mendalam terhadap kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal PISA menggunakan teori Nolting. Pendekatan ini mengidentifikasi pola kesalahan seperti membaca petunjuk, konsep, penerapan, kecerobohan, dan tes, serta menggali penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA dan menganalisisnya menggunakan teori Nolting. PISA adalah asesmen internasional yang mengukur literasi matematika, membaca, dan sains siswa berusia 15 tahun. Penelitian ini dilakukan di SMA 3 Negeri Ambon, MA Negeri Ambon, Provinsi Maluku, dan SMA 2 Siotapina, SMA 2 Sampolawa, Provinsi Sulawesi Tenggara dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari siswa yang dipilih berdasarkan kesalahan dalam soal sesuai indikator teori Nolting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa paling banyak terjadi pada konten space and shape (88,89%), diikuti quantity (44,44%), uncertainty and data (22,22%), dan change and relationship (11,11%). Analisis lebih lanjut dilakukan dengan analisis berdasarkan teori Nolting, dimana ditemukan bahwa kelima jenis kesalahan ditemukan dalam jawaban siswa. Kesalahan membaca petunjuk terjadi karena siswa gagal menafsirkan informasi soal secara tepat atau tidak memahami apa yang diketahui dan ditanyakan. Kesalahan konsep muncul saat siswa tidak memahami ide dasar atau rumus yang sesuai. Kesalahan penerapan terjadi saat siswa mengetahui rumus yang benar namun tidak dapat menggunakannya sesuai konteks soal. Kesalahan kecerobohan tampak dari kesalahan perhitungan sederhana atau ketidaktelitian dalam menulis hasil. Sementara kesalahan saat tes terlihat dari siswa yang tidak menyelesaikan jawaban, ragu-ragu, atau tidak menyimpulkan hasil secara logis. Kata Kunci: PISA, teori Nolting, literasi matematika, kesalahan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd Pembimbing II: Dr. Mariana, M.Si
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 28 Nov 2025 05:01
Last Modified: 28 Nov 2025 05:01
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4806

Actions (login required)

View Item View Item