Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Pulau Haruku

Marasabessy, Jamilah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Pulau Haruku. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII SMP Negeri 5 Pulau Haruku dan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII SMP Negeri 5 Pulau Haruku. Tipe penelitian yang menggunakan metode Quasi Eksperiment (Eksperimen semu), penelitian dilaksanakan selama 1 bulan terhitung pada tanggal 13 September 2019 – 13 Desember 2019. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP N 5 Pulau Haruku. Teknik analisis data merujuk pada analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, regresi linier sederhana, uji–t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII SMP Negeri 5 Pulau Haruku. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan SPSS statistic 17.0 (uji-tdua sampel) bahwa nilai Sig = 0,000 < 5% dan nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari hasil belajar kelas kontrol yaitu 80,9 > 60,7. Besar pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII SMP Negeri 5 Pulau Haruku berdasarkan koofisien determinasi sebesar 60,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ismail DP, M. Pd / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 27 Aug 2020 01:50
Last Modified: 27 Aug 2020 01:50
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item