Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Ambon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Tabung Siswa Kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon

Rumadaul, Fitrianti (2019) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Ambon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Tabung Siswa Kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
bab i,iii,v.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab i-v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran kontekstual CTL (Contekstual Teaching and Learning) berbasis Budaya Ambon menekankan pada pemahaman bahwa konsep matematika merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari hal tersebut juga berkaitan dengan aspek budaya yang dimiliki orang Ambon terhadap penereapan konsep Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Budaya Ambon terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang tabung siswa kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuntitatif, yang dilaksanakan pada tanggal 16 januri sampai dengan 16 februari 2019 di SMP Al-Wathan Ambon, dengan populasi kelas VIII dan sampel penelitian yang diambil sebanyak 20 siswa pada kelas VIII2 . Variabel penelitian adalah pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis budaya Ambon (X) dan hasil belajar siswa (Y). Instrumen penelitian menggunakan soal Tes dan angket. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi, serta menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji statistik Infirensial Berdasarkan hasil perhitungan uji ketergantungan (Uji -t) menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis budaya Ambon terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang tabung siswa kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon. Berdasarkan hasil perhitungan koofisien determinasi (KD), menunjukan bahwa besar pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Budaya Ambon terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang tabung siswa kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon adalah sebesar 52,6 % sedangkan 47,4 % dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M.Pd / Nur Apriani Nukuhaliy, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Contekstual Teaching and Learning
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 04 Sep 2020 02:43
Last Modified: 04 Sep 2020 02:43
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item