Pengaruh Handphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas XI IPA1 MA Negeri Ambon

Kaimudin, Yali (2020) Pengaruh Handphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas XI IPA1 MA Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
bab 1,3,5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan handphone akan memberikan pengaruh yang positif jika siswa mampu menempatkan dengan baik, misalnya digunakan untuk mencaritahu informasi terbaru. Kemudian handphone bisa dimanfaatkan untuk menambah ilmu pengetahuan yang nantinya akan sangat berguna dalam proses pembelajaran di dalam kelas serta dapat membantu siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan Guru. Dampak positif dari pengembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan yaitu informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan. Handphone juga dapat memberikan pengaruh positif dan negatif.2 jika siswa tidak mampu menempatkan dengan baik penggunaan handphone tersebut, misalnya banyak siswa yang menggunakan hanphone di tengah tengah proses pembelajaran untuk menghilangkan rasa bosanya dengan membuka social media yang tidak berkaitan dengan materi yang sedang di bahas dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat menyebabkan materi yang sedang di bahas atau sedang di jelaskan oleh guru tidak dapat di terima dengan baik oleh siswa tersebut. Tipe penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskritif kuantitatif bertujuan untuk mengambarkan tentang suatu fakta, fenomena atau kejadian yang sebenarnya yang di temukan saat di lakukan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 MA Negeri Ambon dengan jumlah siswa 23 orang .sampel di ambil dari secara keseluruhan dan jumlah populasi atau sampel populasi yaitu 23 orang. Variabel dalam penelitian adalah variable bebas (x) : pengaruh handphone terhadap hasil belajar siswa dengan indikator skala likert dalam penggunaan angket. Dan variable terikat (Y): Hasil belajar dengan indikator hasil tes belajar siswa pada materi system pencernaan manusia yaitu nilai test. Instrument penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Tes dan angket.Analisis data menggunakan rumus korelasi produk Moment pearson Berdasarkan hasil peneltian menunjukkan bahwa tidak terdapat Pengaruh Handphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI IPA1 MA Negeri Ambon yang di tunjukkan dari hasil analisis korelasi product moment pearson adalah rhitung pada taraf signifikan 5% = 0,215 < r tabel 5% = 0,433 dengan.kriteria pengujian lemah atau rendah berada dalam interval 0,20-0,40, jadi hipotesis dalam penelitian ini adalah HO di terima dan H1 di tolak. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis Koefesien Determinasi (KD) menunjukkan bahwa besarnya pengaruh handphone terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia adalah 4,623%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Corneli Pary, M.Pd / Janaba Renngiwur, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Handphone, pencernaan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:14
Last Modified: 05 Nov 2020 02:14
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item