Pengaruh Pendekatan Small Group Work Terhadap Hasil Belajar Konsep Pecahan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ambon

Manaf, Suryani (2019) Pengaruh Pendekatan Small Group Work Terhadap Hasil Belajar Konsep Pecahan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (12MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34MB)

Abstract

Pendekatan Small Group Work adalah suatu pendekatan yang memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan tugas atau kelompok yang berhubungan dengan diskusi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan besarnya pengaruh pendekatan Small Group Work terhadap Hasil Belajar Konsep Pecahan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ambon. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ambon yang terdiri dari dua kelas. Sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VII2 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui basil belajar siswa dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pendekatan Small Group Work. Berdasarkan basil analisis data diperoleh terdapat pengaruh pendekatan Small Group Work terhadap basil belajar konsep pecahan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ambon menunjukan ada pengaruh pada taraf signifikan 5%, yang ditunjukan dengan nilai thi1uns > t tabel. Adapun besar pengaruh tersebut dilihat pada uji regresi. Hasil uji regresi diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,701 atau sebesar 70,1% (dibulatkan 70%). Artinya sumbangan pengaruh variabel X terhadap variabel Y (hasil belajar siswa) adalah sebesar 70% dan sisanya 30% dipengaruhi oleh faktor lain. Selain basil tersebut, hal ini juga dapat ditunjukan dengan aktifitas kegiatan belajar mengajar yang mana pada pertemuan pertama yang menggunakan pendekatan Small Group Work siswa belum terlihat aktif dalam mendiskusikan tugas yang berupa LKS namun pada pertemuan II siswa sudah aktif dalam mendiskusikan tugas yang berupa LKS, kemudian pada pertemuan I siswa tidak bisa memberikan tanggapan terhadap basil diskusi kelompok namun pada pertemuan II siswa sudah bisa memberikan tanggapan terhadap basil diskusi kelompoknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Apriani Nukuhaly, M. Pd / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Small Group Work Pecahan
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 10 Nov 2020 05:32
Last Modified: 10 Nov 2020 05:32
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item