Ode, Rosni (2019) Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (13MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (34MB) |
Abstract
Pendekatan pemecahan masalah merupakan suatu pedoman mengajar yang sifatnya teoritis atau konseptual untuk melatihkan siswa memecahkan masalah- masalah matematika dengan menggunakan langkah pemecahan masalah yang ada. Menurut Polya (2002) menyebutkan empat langkah pokok untuk pemecahan masalah yaitu: memahami masalahnya, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian itu, dan memeriksa kembali penyelesaian yang telah dilaksanakan. Sementara Hasil belajar merupakan suatu hal yang dimiliki oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan siswa dalam menguasai dan memahami materi pelajaran melalui latihan maupun pengalaman yang disertai perubahan tingkah laku. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah pada materi operasi hitung bentuk aljabar siswa kelas VII SMP Negeri 23 Ambon?. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah pada materi operasi hitung bentuk aljabar siswa kelas VII SMP Negeri 23 Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang mana dalam satu siklus ada empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah pada materi operasi hitung bentuk aljabar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 23 Ambon. Hal ini ditunjukkan dengan nilai tes awal siswa yang semula sangat kurang memuaskan yaitu sebesar 24% dan rata-rata nilai tes awal siswa sebesar 42,0. Namun setelah mendapatkan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 57% dan rata-rata nilai tes sebesar 53,1. Pada pembelajaran siklus II persentase ketuntasan nilai tes siswa kembali mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 57% menjadi 76% dan dan rata-rata nilai tes sebesar 58,7.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Aljabar |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 00:46 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 00:46 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/701 |
Actions (login required)
View Item |