Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segi Empat Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ambon

Siyauta, Sandi (2019) Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segi Empat Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III. V.pdf

Download (12MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Tinggi rendahnya hasil belajar siswa menjadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran yang dilakukan guru serta tercapainya tujuan pendidikan. Tetapi dalam kenyataan di lapangan sarnpai saat ini hasilnya masib kurang memuaskan. Guru sepatutnya marnpu mencari sebuah desain pembelajaran yang selaras dengan kebutuhan peserta didik dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Model pembelajaran inquiry adalah salah satu model pembelajaran yang rnemiliki desain perencanaan yang sistematis dan penerapannya menggunakan pemanfaatan media dan teknologi untuk mendorong peserta didik belajar secara efektif dan efisien. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penggunaan model pembelajaran inquiry dengan menggunakan media gambar pada meteri segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ambon. Tipe penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ambon yang berjumlah 21 siswa. Instrumen dalarn penelitian ini adalah soal tes, lembar observasi, dan alat rekarnan vidio. Teknik analisis data dalarn penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan basil belajar dilibat dari peningkatan aktivitas dan basil tes siswa sebelum dan sesudah tindakan. Setelah tindakan terlibat peningkatan aktivitas siswa dalarn pembelajaran jika dibandingkan dengan aktivitas siswa sebelum tindakan. Seperti, siswa lebih fokus menyimak penjelasan guru, mulai berani mengajukan pertanyaan atau jawaban, dan mulai percaya diri dengan hasil kerja sendiri. Selain itu, peningkatan juga terdapat pada hasil tes siswa, Dari hasil pre test rata-rata nilai siswa yaitu 18,08, siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 76, 11 dan siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 85. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi segi empat siswa kelas VII SMP Negeri Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Afriani Nukuhaly, M. Pd / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inquiry Segi Empat
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:20
Last Modified: 19 Nov 2020 03:20
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item View Item