Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Kubus Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas VII SMP 23 Ambon

Kella, Sumiati (2019) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Kubus Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas VII SMP 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (I) Jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi kubus ditinjau dari gaya belajar kelas VII SMP Negeri 23 Ambon dan (2) Faktor-faktor kesalahan siswa ditinjau dari gaya belajar kelas VII SMP Negeri 23 Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi, angket,tes, dokomentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh ketiga subjek WMW, WW dan TN serta memenuhi indikator yang ada. Subjek WMW melakukan kesalahan antara lain kesalahan memahami soal dan kesalahan operasi penyelesaian, subjek WW melakukan kesalahan antara lain kesalahan dalam memahami soal, kesalahan menggunakan rumus dan kesalahan operasi penyelesaian, sedangkan subjek TN melakukan kesalahan antara lain kesalahan memahami soal, kesalahan menggunakan rumus dan kesalahan operasi penyelesaian. Faktor-faktor penyebab kesalahan mengalami subjek adalah siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita antara lain, tidak memahami makna soal yang diberikan, tidak paham rumus yang digunakan, tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, tidak konsentrasi dalam membaca soal, ketidaktahuan dan kekeliruan dalam perhitungan, kurang ketelitian dalam menghitung hasil perkalian, kurangnya kepandaian dalam operasi perkalian, lupa dalam menuliskan penarikan kesimpulan dari jawaban yang dikerjakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nurlaila Wattiheluw, M. Pd / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Kubus
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Nov 2020 01:57
Last Modified: 24 Nov 2020 01:57
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item