Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Materi Kubus Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu

Umi, Wa (2020) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Materi Kubus Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah salah satu tipe pembelajaran dengan menempatkan siswa bekerja dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 4 sampai 6 siswa untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran. Setiap siswa mempunyai kemampuan pemahaman konsep matematika yang berbeda, ada yang tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi kubus siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu. Tipe penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpukan data yang digunakan soal tes dan lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu. Yaitu pada tanggal 01 Februari 2020 sampai dengan tanggal 15 Februari 2020 dengan jumlas siswa sebanyak 16 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi kubus siswa kels VII SMP Negeri Satu Atap Tapinalu, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pada tes awal hanya 4 siswa yang dinyatakan tuntas (25%) dan sisanya 12 siswa yang belum tuntas (75%) data tersebut menunjukan bahwa hasil belajar belum tuntas, oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan tindakan kelas, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pada siklus I siswa yang Tidak Tuntas sebanyak 7 siswa atau 43,75% sedangkan 9 siswa atau 56,25% Tuntas, hasil tersebut masih kurang 70% sehingga perlu untuk dilanjutkan pada siklus II, setelah dilakukan hasil evaluasi yang dilaksanakan pada siklus II, diketahui sebanyak 12 siswa atau sebesar 75% dinyatakan Tuntas yang mencapai kategori kemampuan pemahaman konsep matematis, dan 4 siswa atau 25% dinyatakan Tidak Tuntas. Jadi hasil belajar siswa dijumlahkan telah memperoleh skor ≥ 66 secara individual dan skor 70% secara klasikal, mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 56,25% dan siklus II sebesar 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nurlaila Wattihelu, M.Pd / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:24
Last Modified: 26 Nov 2020 03:24
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item