Pemahaman Relasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep matematis Di Kelas VIII MTs Negeri Ambon

Siompo, Sumirang (2019) Pemahaman Relasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep matematis Di Kelas VIII MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (15MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55MB)

Abstract

Pemahaman relasional adalah kemampuan yang dapat membentuk jaringan konsep yang saling terhubung sehingga dapat rnenghasilkan pengetahuan konseptual dimana siswa dapat memahami dan mengerti langkah-langkah dalarn rnengerjakan soal-soal matematika. Pemahaman re1asiona1 dapat tercapai jika siswa memiliki pengetahuan konseptual. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis di kelas VIII MTs Negeri Ambon. Tipe penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, instrumen yang digunakan adalah tes uraian dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Subjek 1 (Sl) dalam menyelesaikan soal yang diberikan dapat menyelesaikanya dengan benar dan dapat menjelaskan persamaan dan perbedaan dari konsep-konsep yang diketahui serta dapat menjelaskan setiap keterkaitan jawaban yang diperoleh. Subjek 2 (S2) dalam menyelesaikan soal yang diberikan dapat menyelesaikannya dengan benar namun tidak dapat menjelaskan persamaan dari konsep-konsep yang diketahui sehingga indikator mengaitkan informasi pada tahap membaca/memahami masalah tidak terpenuhi dengan baik namun indikator-indikator pemahaman relasional yang lain terpenuhi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd / Pembimbing II : Fahruh Juhaevah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Relasional Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:50
Last Modified: 01 Dec 2020 01:50
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item