Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 14 Ambon

Hidayah, Nurul (2019) Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 14 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (14MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39MB)

Abstract

Pembelajaran Kontekstual (CTL) adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang di milikinya dengan penerapanya dalam kehidupan mereka sehari hari, siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas sedikit demi sedikit, dan dari proses mengkonstr ksi sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual teaching And Learning) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada materi teorema pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 14 Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian menggunakan eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI11 reguler SMP Negeri 14 Ambon yang berjumlah 422 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, yaitu pengambilan 2 kelas secara acak yang akan dijadikan sampel penelitian. Kelas VIII-7 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-8 terpilih sebagai kelas kontrol. lntrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal tes (essay) dan lembar observasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes akhir berupa soal esai untuk melihat pemahaman konsep siswa dan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Data tes dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 78,63 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,60. Sedangkan berdasarkan hasil uji-t diperoleh lhitung > ltabel yaitu 3,964 > 1,66757, maka Ho ditolak dan HI diterima. Dengan demikian bahwa rata-rata pemahaman konsep siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik daripada pemahaman konsep siswa yang tidak belajar menggunakan model pembelajaran CTL. Perbedaan pemahaman konsep tersebut dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran yang berbeda. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL terhadap pemahaman konsep siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII SMP Negeri 14 Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Ainun Diana Lating, M. Si / Pembimbing II : Nurlaila Sehuwaky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL Teorema Pythagoras
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 03 Dec 2020 01:58
Last Modified: 03 Dec 2020 01:58
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item View Item