Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Garis-Garis Istimewa Pada Segitiga Kelas VII SMP Negeri 2 Leihitu

Mahulauw, Amina (2019) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Garis-Garis Istimewa Pada Segitiga Kelas VII SMP Negeri 2 Leihitu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34MB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematis adalah salah satu proses berfikir yang dilakukan dengan cara menarik suatu kesimpulan dimana kesimpulan tersebut merupakan kesimpulan yang sudah valid atau dapat dipertanggung jawabkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal garis-garis istimewa pada segitiga. Tipe penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Leihitu, Jumlah subjek yang diambil yaitu 2 orang siswa dari jumlah 5 orang siswa yang direkomendasikan oleh guru matematika. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyaj ian data, dan penarikan kesimpulan. Bardasarkan hasil penelitian, analisis kemampuan penalaran matematis mampu dimiliki oleh kedua siswa, karena dalam penyelesaian soal tes dan wawancara kedua siswa dapat menyelesaikan soal dengan baik dan memenuhi 5 indikator kemampuan penalaran matematis yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya menyajikan pemyataan matematika secara lisan dan tertulis, mengajukan dugaan (conjegtures), melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi, dan memeriksa kesahihan suatu argumen. Perbedaan kemampuan penalaran kedua siswa terletak pada penyelesaian soal tes sebelum dan sesudah refleksi siswa pertama dapat menyelesaikan soal tes dengan baik sehingga memperoleh jawaban yang benar dan memenuhi indikator penalaran matematis. Sedangkan siswa kedua dalam penyelesaian soal sebelum refleksi terjadi kesalahan dalam menarik suatu kesimpulan, namun setelah direfleksi siswa kedua mampu memperbaiki kesalahannya sehingga kesimpulan dari jawaban yang diperoleh menjadi benar dan memenuhi indikator penalaran matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Garis-Garis Istimewa Pada Segitiga
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 04 Dec 2020 05:35
Last Modified: 04 Dec 2020 05:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item