Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terbadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 2 Buru

Tomusa, Anita (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terbadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 2 Buru. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (12MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara efektif di dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat mendorong tumbuhnya minat siswa terhadap pembelajaran serta memudahkan siswa dalam memahami pelajaran sehingga memungkinkan siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik. Model pernbelajaran penemuan terbimbing merupakan suatu model pembelajaran yang banyak melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adatah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap basil belajar siswa pada materi teorema pythagoras dan besar pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras di kelas VIIIc SMP Negeri 2 Buru. Tipe penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Buru yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah seluruhnya sebanyak 78 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik sampling purposive. Sehingga objek sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIlc yang berjumlah 26 orang. Untuk memperoleh data, maka digunakan instrument tes dan angket, kemudian dari data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pernbelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras di kelas Vlllc SMP Negeri 2 Buru. Besar pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras di kelas VIIIc SMP Negeri 2 Buru ditunjukan dengan nilai koefesien determinasi yaitu sebesar 73,56% dan sisanya 26,44% basil belajar siswa ditentukan oleh faktor lain, seperti motivasi belajar dan konsentrasi belajar. Dimana pada pertemuan pertama siswa belum termotivasi sehingga berdampak pada konsentrasi belajar. Sedangkan pada pertemuan kedua siswa lebih termotivasi menerima materi pembelajaran dan mampu menyelesaikan soa1-soa1 latihan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Afriani Nukuhaly, M. Pd / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Teorema Pythagoras
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:27
Last Modified: 04 Dec 2020 06:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item