Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Peluang Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 11 Ambon

Sanaky, Maryam (2019) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Peluang Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 11 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Matematika merupakan suatu mata pelajaran wajib yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan persekolahan di Indonesia mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) bahkan jenjang Perguruan Tinggi. Bagi sebagian besar Peserta Didik, matematika masih dianggap mata pelajaran yang sulit untuk dikuasai karena banyaknya konsep yang digunakan sehingga matematika menjadi mata pelajaran yang kurang dipahami oleh sebagian besar Peserta Didik. Hal yang sama juga terjadi pada Peserta Didik kelas X SMA Negeri 11 ambon, Peserta Didik kelas X SMA Negeri 11 Ambon merasa bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang wajib untuk dipelajari. Namun pada kenyataannya hasil belajar yang diperoleh tidaklah sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik peneliti mencoba untuk menerapkan model pembelajaran yang membuat Peserta Didik menjadi aktif dalam prsoses pembelajaran. Maka dengan menggunakan model pembelajaran kooeperatif model two stay two stray diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Peserta Didik pada pokokbahasan peluang pada Peserta Didik SMA Negeri 11 Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan terhitung mulai tanggal 20 November sampai dengan 20 Desember 2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Ambon dengan sampel 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi dan tes, Instrumen penelitian yaitu berupa tes, lembar observasi guru dan lembar observasi Peserta Didik. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus dari penelitian tindakan kelas ini, bahwa pembelajaran kooeperatif model two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi peluang. Hal ini terlihat jelas dari hasil tes yang dilakukan pada prasiklus sebelum pemberian tindakan dilakukan. Pada awal prasiklus presentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 0%, setelah dilakukan penelitian ketuntasan belajar siswa mencapai 65%, dan dilakukan lagi penelitian siklus selanjutnya presentasi ketuntasan mencapai 97%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Apriani Nukuhaly, M. Pd. / Pembimbing II : Rusmin Madia, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 08 Dec 2020 05:32
Last Modified: 08 Dec 2020 05:32
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item