Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Ambon

Djamiri, Amalia Temarwut (2019) Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB)

Abstract

Pemahaman adalah kemampuan seseorang untuk memaknai suatu konsep setelah konsep itu diketahui dan diingat dan dapat dijelaskan dengan kata - kata sendiri. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematika siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar pada kelas VII SMP Negeri 2 Ambon. Tipe dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang memusatkan pada masalah - masalah aktual yang ditemukan saat penelitian berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ambon kelas VII2 dan VII3 selama I bulan dari tanggal 01 Oktober sampai 01 November 2018. Dari 49 siswa calon subjek terpilih 2 orang siswa yang diambil berdasarkan basil tes yang diberikan. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Dalam penelitian ini, di analisis kemampuan pemahaman matematika siswa yaitu dengan menggunakan think aloud dengan materi operasi bentuk aljabar. Pada penelitian ini indikator kemampuan pemahaman matematika yang digunakan adalah menafsirkan, menjelaskan dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, kemampuan pemahaman matematika siswa terlihat siswa mampu dalam menyelesaikan soal cerita operasi bentuk aljabar dilihat dari indikator yang digunakan yaitu; menafsirkan, menjelaskan dan menyimpulkan. Siswa mampu menafsirkan dilihat dari siswa dapat menerjemahkan yang diketahui kedalam kalimat matematika sehingga memperoleh persamaan. Siswa menjelaskan dengan menyelesaikan persamaan matematika sesuai masalah yang dikemukakan. Siswa menyimpulkan dengan menarik kesimpulan dari proses menjelaskan dan menarik kesimpulan terakhir dari basil pekerjaan sesuai dengan yang ditanyakan. Dari sini dapat dilihat siswa memenuhi indikator kemampuan pemaharnan matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nurlaila Wattiheluw, M. Pd. / Pembimbing II : Rusmin Madia, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Aljabar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 10 Dec 2020 01:46
Last Modified: 10 Dec 2020 01:46
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item