Penerapan model pembelajaran Scramble dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi Ciri-ciri makhluk hidup di MTs Limboro

Tamalo, Rospiana (2015) Penerapan model pembelajaran Scramble dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi Ciri-ciri makhluk hidup di MTs Limboro. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_ 81.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)
[img] Text
BAB I, III, V_81.pdf

Download (992kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang berlangsung di kelas, terjadi hubungan timbal balik antara guru dan peserta didik, sehingga mengakibatkan terbatasnya waktu guru untuk mengontrol bagaimana pengaruh tingkah lakunya terhadap motivasi belajar peserta didik. Selama pelajaran berlangsung guru sulit menentukan tingkah laku mana yang berpengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik, misalnya model apa yang dapat membantu kejelasan konsep selama ini, dan kegiatan seperti apa yang dapat merangsang dan mendorong peserta didik untuk belajar secara aktif. Untuk itu dalam mengatasi masalah ini maka diterapkannya model pemembelajarn scramble dengan model ini diharapkan akan memacu keinginan peserta didik untuk berpikir, dan memotivasi mereka untuk megajukan masalah yang belum dipahami. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah PTK terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan, (acting), pengamatan (observing),dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Limboro, tahun ajaran 2015 sebanyak 28 peserta didik. Berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan pada peserta sdidik kelas VII MTs Limboro yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada tes awal yang tuntas belajar sebanyak 8 orang peserta didik dengan persentasi 28,5% dan siklus I yang tuntas belajar sebanyak 14 orang peserta didik dengan persentase 50% sedangkan pada siklus II yang tuntas belajar sebanyak 27 orang peserta didik dengan persentasi 96,4%. Jadi antara siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 28,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Dr. M. Faqih Seknun, M.Pd Pembimbing II; Dr. Muhammad Rijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Scramble Meningkatkan Hasil belajar peserta didik Ciri-ciri makhluk hidup
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 14 Dec 2020 05:27
Last Modified: 14 Dec 2020 05:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item