Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaiakan Soal Berbasis Hot Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII PPP Ishaka Ahuru

Papalia, Alisa (2020) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaiakan Soal Berbasis Hot Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII PPP Ishaka Ahuru. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, guru masih kurang memperhatikan aspek soal himpunan sebagai salah satu bentuk soal latihan di rumah. Guru masih terfokus pada soal-soal latihan yang ada di buku. Hal ini kurang memberi ruang kepada peserta untuk mengembangkan idenya dalam melatih kemampuannya memecahkan masalah yang ada pada soal matematika yang berbentuk himpunan. Selain itu, siswa bukan lagi digiring untuk diberi tahu, melainkan mencari tahu sendiri. Mencari tahu berarti membutuhkan proses berpikir yang cerdas,kreatif, dan logis. Berpikir yang demikian menuntut siswa untuk diarahkan dari mengingat, memahami, bahkan sampai memecahkan permasalahan yang rumit. Dalam proses pembelajaran matematika salah satu langkah yang harus ditempuh guru adalah melakukan evaluasi dengan cara memberikan soal-soal latihan yang memuat HOT. Sehingga siswa bisa menggunakan kemampuan yang telah dimilikinya untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Berdasarkan uraian tersebut penulis merasa terdorong untuk mengkaji dan meneliti lebih lanjut tentang bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOT. Dengan judul penelitian “kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal berbasis HOT pada materi himpunan”. Peneliti mengharapkan dapat mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal berbasis HOT pada materi himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan dikelas VII PPS Ishaka Ahuru,instrument penelitian ini adalah soal tes dan pedoman wawancara,subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua subjek,teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara,teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tes maupun wawancara dengan kedua subjek diperoleh kedua subjek memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah. Hal ini terbukti pada hasil kerja maupun hasil wawancara yang telah kedua subjek lakukan, dan memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah yang peneliti gunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd, / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, Soal HOT, Materi Himpunan
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 18 Dec 2020 06:07
Last Modified: 18 Dec 2020 06:08
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item View Item