Analisis Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Persamaandan Pertidaksamaan Linier Nilai Mutlak Kelas X SMA N 62 Maluku Tengah

Hatala, Rukia (2020) Analisis Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Persamaandan Pertidaksamaan Linier Nilai Mutlak Kelas X SMA N 62 Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “kemampuan berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Yang dilaksanakan di SMA N 62 Maluku Tengah dari tanggal 07 Oktober sampai tanggal 07 November 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-1 SMA N 62 Maluku Tengah yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah seluruhnya 21 siswa, setelah itu, peneliti memberikan soal tes yang pertama kepada 21 orang siswa tersebut dan diminta untuk mengerjakan soal. Dari hasil pekerjaan 21 siswa tersebut, peneliti menemukan 5 orang yang menjawab benar maka dari 5 orang yang menjawab benar akan diberikan soal tes kedua dengan cara menggunakan think alouds. setelah mengerjkan soal dari 5 orang tersebut peneliti melakukan wawancara dengan 5 orang subjek tersebut, untuk memastikan bahwa jawaban subjek ketika menjawab pertanyaan sama dengan hasil pekerjan subjek. Kemudian dari 5 orang diwawancarai tersebut 3 orang mempunyai karakteristik yang sama namun 2 orang memiliki karakter yang berbeda sehingga di ambil masing-masing 1 orang sebagai perwakilan untuk dijadikan subjek. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir reflektif siswa muncul ketika disajikan masalah matematika yaitu, memenuhi 3 karakteristik kemampuan berpikir reflektif siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak kelas X MIA-1 SMA N 62 Maluku Tengah memenuhi karakteristik berpikir reflektif Siswa JP yang menjawab benar dan memeliki struktur berpikir yang lengkap serta memenuhi 3 karakteristik tersebut. Ketika proses pembuktian dalam memahami apa yang ditanyakan dalam soal, apa yang diketahui dalam soal, penyelesaian jawaban, membuktikan hasil jawaban dan menarik kesimpulan yang dapat dikatakan baik. Sedangkan kemampuan berpikir reflektif Siswa AD memiliki struktur berpikir yang lengkap, karena dari hasil akhir keduanya memiliki hasil akhir yang sama, namun hanya ada sedikit cara yng berbeda. Dan dapat memenuhi 3 karakteristik kemampuan berpikir reflektif. Proses pembuktian dalam memahami apa yang ditanyakan dalam soal, apa yang diketahui dari soal, penyelesaian jawaban, dan menarik kesimpulan yang dapat dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd /Syafruddin Kaliky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berfikir Reflektif, Menyelesaikan Masalah Matematika
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 18 Dec 2020 06:18
Last Modified: 18 Dec 2020 06:18
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item