Diagnostik Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Persamaan Linier Satu Variabel Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI BELIS Kabupaten Seram Bagian Timur

Rumbatty, Muhamad Sidik (2020) Diagnostik Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Persamaan Linier Satu Variabel Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI BELIS Kabupaten Seram Bagian Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

, dan 2019, menunjukan bahwa jumlah soal cerita meningkat dari tahun ke tahun, hal ini menandakan soal cerita telah mengambil peran penting dalam menentukan kelulusan siswa terutama dalam mata pelajaran matematika. Namun sebuah penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Erni Untary seorang dosen STIKIP PGRI Ngawi, pada tahun 2013. Dalam kesimpulan nya Untari menyatakan bahwa, faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita diantaranya adalah: Tidak memahami konsep, Menggunakan proses yang keliru, Ceroboh dalam memahami maksud dari soal, Kurang memahami konsep prasyarat, Salah dalam komputasi atau perhitungan. Sejalan dengan ini peneliti menemukan beberapa karakteristik yang sama dengan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitian dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan wawancara. Setelah melakukan penelitian peneliti menemukan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan proses, dan kesalahan menulis kesimpulan, faktor penyebab kesalahan-kesalahan ini diantaranya tidak memahami langkah penyelesaian soal cerita, tidak memahami masalah, kurangnya pemahaman pada konsep materi, tergesa-gesa, dan lupa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M. Pd / Pembimbing II : Yusrianti Hanike, M. Si
Uncontrolled Keywords: Persamaan Linier Satu Variabel
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:47
Last Modified: 08 Jan 2021 01:47
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item View Item