Efektivitas Pembelajaran Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segitiga Siswa Kelas VII SMP IT As-Salam Ambon

Usman, Farida (2020) Efektivitas Pembelajaran Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segitiga Siswa Kelas VII SMP IT As-Salam Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk melihat efektivitas kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan pendekatan Open-Ended dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas VII SMP IT AS-Salam Ambon, untuk melihat efektivitasnya dengan cara penyebaran soal tes. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan jumlah sample sebanyak 50 siswa, dengan komposisi perempuan 20 siswa dan laki-laki 30 siswa. Sample diambil seluruhnya dari jumlah populasi atau sample populasi. Instrumen penelitian ini adalah soal tes berupa uraian. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini setelah dianalisis menunjukan bahwa terdapat efektivitas kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan pendekatan open-ended kelas VII SMP IT AS-Salam Ambon. Hal ini tampak pada hasil observasi siswa dan guru yang diamati oleh peneliti cenderung positif dimana Siswa sudah tampak memahami penjelasan yang disampaikan oleh guru, siswa sudah cenderung lebih aktif dalam pembalajaran dengan menggunakan pendekatan Open-ended. Hal ini dapat di buktikan secara statistik dengan menggunakan uji-t bahwa nilai uji-t pada thitung untuk kemampuan pemecahan masalah kelas control dan kelas eksperimen sebesar 2,369 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5% adalah 2,01. Sehingga thitung >ttabel (2,369>2,01), karena thitung>ttabel maka H1 diterima yaitu ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas control. Dan juga adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan Open-Ended dimana nilai rata-rata sebelum perlakuan adalah 60,22 sedangkan nilai rata-rata sesudah perlakuan adalah 73,59.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Syafruddin Kaliky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendekatan open-ended, pemecahan Masalah, Segitiga
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 11 Jan 2021 01:53
Last Modified: 11 Jan 2021 01:53
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item