Peran Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Minat Membaca al-Qur’an Pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri Ambon

Landibo, Damawia (2020) Peran Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Minat Membaca al-Qur’an Pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Minat Membaca al-Qur’an pada Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Ambon dan faktor pendukung dan penghambat Peran Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Minat Membaca al-Qur’an pada Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Ambon. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 14 Januari sampai tanggal 14 Februari 2020 di Madrasah Aliyah Negeri Ambon. Subjek penelitian adalah 2 orang guru Al-Qur’an Hadits dan 3 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat belajar membaca al-Qur’an pada peserta didik kelas X di MA Negeri Ambon diantaranya: a. Pembiasaan tadarus sebelum berlangsungnya proses belajar mengajar. Pembiasaan ini akan melatih peserta didik untuk terampil membaca al-Qur’an sesuai ilmu tajwid. b. Penggunaan metode yang bervariasi yaitu metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode latihan dan metode diskusi. c. Pemanfaatan sumber belajar berupa buku yang diberikan sekolah kepada peserta didik dan guru, maupun buku-buku yang terdapat di perpustakaan sekolah yang dapat dipinjam demi pemahaman peserta didik. Faktor pendukung diantaranya: 1) Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, 2) Peran aktif dari guru dan teman peserta didik dan 3) Fasilitas yang memadai. Faktor penghambat diantaranya: 1) Kurangnya kedisiplinan peserta didik, 2) Kurangnya alokasi waktu belajar dan 3) Kurangnya kesadaran orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Hj. St Jumaeda, M. Pd. I / Pembimbing II : Dr. Yusuf Abdurachman L, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Minat Baca Al-Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 19 Feb 2021 00:57
Last Modified: 19 Feb 2021 00:57
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item