Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung Pada Kisah Nabi Yusuf a.s. Dalam QS. Yusuf (12) Perspektif Tafsir Ibnu Katsir

Holimombo, Suhardin Ali (2020) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung Pada Kisah Nabi Yusuf a.s. Dalam QS. Yusuf (12) Perspektif Tafsir Ibnu Katsir. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berkenaan dengan studi tentang analisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada kisah Nabi Yusuf a.s. dalam QS. Yusuf (12) Perspektif Tafsir Ibnu Katsir ? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan menguraikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada kisah Nabi Yusuf a.s. dalam QS. Yusuf (12) : ayat 33, 38, 53 dan 101 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (library research) karena sumber datanya diambil dari bahan-bahan pustaka. Sumber penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, sumber primer dari QS. Yusuf (12) : ayat 33, 38, 53, 101 dan buku tafsir yang terkait dengan pembahasan yaitu Tafsir Ibnu Katsir yang ditulis oleh al-Imam Abu al-Fida Ismail Ibnu Katsir ad-Dimasyqi. Sumber sekunder terdiri dari buku-buku pendidikan terkait fokus penelitian. Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 20 Juli 2020 sampai 20 Agustus 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada kisah Nabi Yusuf a.s. dalam QS. Yusuf (12) Perspektif Tafsir Ibnu Katsir dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab rumusan masalah dalam penulisan ini adalah sebagai berikut: Penafsiran QS. Yusuf (12) : ayat 33, 38, 53 dan 101 perspektif Tafsir Ibnu Katsir adalah sebagai berikut: (a) Penafsiran QS. Yusuf (12) : ayat 33 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir adalah taqwa yang berarti kepercayaan akan adanya Allah swt, membenarkannya, dan takut akan Allah swt., (b) Penafsiran QS. Yusuf (12) : ayat 38 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir adalah tauhid yang berarti mengesahkan Allah swt., (c) Penafsiran QS. Yusuf (12) : ayat 53 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir adalah pengendalian diri, (d) Penafsiran QS. Yusuf (12) : ayat 101 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir adalah menekankan harus adanya keterlibatan Allah swt. dalam setiap aktivitas. Analisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada kisah Nabi Yusuf a.s. dalam QS. Yusuf (12) Perspektif Tafsir Ibnu Katsir terdiri dari tiga nilai penting yaitu aqidah, ibadah dan akhlak. Nilai aqidah tercermin pada QS. Yusuf (12): ayat 33 dan 38. Pada QS. Yusuf (12): ayat 33 menekankan substansi tentang nilai aqidah yakni taqwa yang berarti kepercayaan akan adanya Allah swt, membenarkannya, dan takut akan Allah swt., sedangkan pada QS. Yusuf (12): ayat 38 menekankan substansi tentang nilai aqidah yakni tauhid yang berarti mengesahkan Allah swt. Kemudian nilai ibadah tercermin pada QS. Yusuf (12): ayat 101 yang menekankan harus adanya keterlibatan Allah swt. dalam setiap aktivitas. Adapun nilai akhlak tercermin pada QS. Yusuf (12): ayat 53 menekankan substansi tentang akhlak terpuji yakni pengendalian diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Muhajir Abdurrahman, M. Pd. I. / Pembimbing II : Dr. Yusuf Abdurachman L., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Tafsir Ibnu Katsir
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 01 Mar 2021 01:19
Last Modified: 01 Mar 2021 01:19
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1105

Actions (login required)

View Item View Item