SOULISA, MARYAM (2020) Peran Guru BK Dalam Mengatasi Keterlambatan Belajar (Slow Learner) Menghafal Al-Qur‟an Peserta Didik di MA Tahfidzul Qur‟an Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III,V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan faktor pendukung dan penghambat guru BK dalam mengatasi keterlambatan belajar (slow learner) menghafal Al-Qur‟an peserta didik di MA Tahfidzul Qur‟an Al-Anshor Ambon Tipe penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 27 Februari sampai tanggal 27 Maret 2020 di MATQ al-Anshor Ambon. Subjek penelitian adalah 1 orang guru BK (sekaligus al-Qur‟an Hadits), 1 orang guru tahfidz Qur‟an dan 3 orang peserta didik perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru BK dalam mengatasi keterlambatan belajar (slow learner) menghafal Al-Qur‟an peserta didik di MA Tahfidzul Qur‟an Al-Anshor Ambon, yakni; 1. Upaya guru al-Qur‟an Hadits dalam meningkatkan pemahaman bacaan al-Qur‟an peserta didik kelas XI MIA MATQ al-Anshor Ambon diantaranya: a. Pemahaman peserta didik MATQ Al-Anshor Ambon sudah berlangsung dengan baik dengan adanya pembiasaan tadarus sebelum berlangsungnya proses belajar mengajar. Pembiasaan ini akan melatih peserta didik untuk terampil membaca al-Qur‟an sesuai ilmu tajwid. b. Guru menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode drill (latihan) dan metode diskusi. c. Guru adalah sumber belajar di MATQ Al-Anshor Ambon, karena pengetahuan seorang guru adalah patokan dalam usaha memahamkan para peserta didiknya. Terdapat sumber belajar berupa buku yang terdapat di MATQ Al-Anshor Ambon, baik berupa buku yang diberikan madrasah kepada peserta didik dan guru, maupun buku-buku yang terdapat di perpustakaan madrasah yang dapat dipinjam demi pemahaman peserta didik. 2. Terdapat faktor pendukung dan penghambat. a. Faktor pendukung diantaranya: 1) Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, 2) Peran aktif dari guru dan teman peserta didik dan 3) Fasilitas yang memadai. b. Faktor penghambat diantaranya: 1) Kurangnya kedisiplinan peserta didik, 2) Kurangnya alokasi waktu belajar dan 3) Kurangnya kesadaran orang tua.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Muhajir Abd. Rahman, M.Pd.I / Pembimbing II : Ainun Diana Lating, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru BK, keterlambatan belajar (slow learner) menghafal Al-Qur‟an peserta didik. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Fuad Umarella |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 04:59 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 04:59 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1137 |
Actions (login required)
View Item |