Pengembagan perangkat pembelajaran Biologi berbasis kooperatif NHT (Numbered Head Together) pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa kelas VIII.

Tihurua, Siti Sarbanun (2018) Pengembagan perangkat pembelajaran Biologi berbasis kooperatif NHT (Numbered Head Together) pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa kelas VIII. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_222.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB I ,III, V_222.pdf

Download (6MB)

Abstract

Observasi yang dilakukan, diperoleh data bahwa perangkat yang digunakan dalam pembelajaran masih berjalan terpisah, guru belum mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis model tertentu, hanya sebatas menyusun RPP dengan mengacu pada standar isi yang tersedia. Selain itu, LKS dan buku siswa yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran, mengacu pada buku paket dari penerbit. Dengan mengembangkan model perangkat pembelajaran berbasis kooperatif NHT (Number Head Together), yang dilibatkan dalam menelaah materi dan mengecek pemahaman siswa. Hal tersebut sesuai dengan karakteristik materi sistem pencernaan manusia, juga sesuai dengan konsep pembelajaran kontruktivisme sebagai dasar dalam pembelajaran kooperatif yang akan disesuikan dengan sintaks pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis koperatif NHT (Numbered Head Together) pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa kelas VIII dengan mengembangkan perangkat pembelajaran berupa LKS dan Buku Siswa melalui validasi oleh beberapa validator. Uji coba terbatas di SMP Negeri 14 Ambon kelas VIII-9. Penelitian ini merupakan penelitian R&D menggunakan model pengembangan 4-D yang terangkum dalam 4 tahap yaitu define, design, development, dan desiminate. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran, tes hasil belajar, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa. Perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh validator, yang terdiri dari LKS dengan retara total 4,04, Buku Siswa rerata total 4,10 dan RPP rerata total 4,23. Hasil belajar belajar siswa yang tuntas sebesar 81,91% kriteria tinggi, artinya hasil belajar siswa memenuhi syarat ketuntasan individual yaitu minimal 70 dan ketuntasan secara klasikal minimal 75% dari nilai KKM. lembar kerlaksanaan perangkat pertemuan pertama rerata total 3,96 dengan kriteria terlaksana dengan sangat baik, pertemuan kedua rerata total 3,83 kriteria terlaksana dengan sangat baik, pertemuan ketiga 3,83 kriteria terlaksana dengan sangat baik, dan respon siswa lebih dari 70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Dr. Samad Umarella, M.Pd Pembimbing II; Laila Sahubawa, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembagan perangkat pembelajaran Biologi Numbered Head Together
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 09 Mar 2021 05:32
Last Modified: 09 Mar 2021 05:32
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1139

Actions (login required)

View Item View Item