Implementasi Metode Kisah Pada Pelajaran PAI Dalam Penanaman Nilai Akhlak Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Kairatu Kec. Amalatu Kab SBB.

PATTY, HESTY (2020) Implementasi Metode Kisah Pada Pelajaran PAI Dalam Penanaman Nilai Akhlak Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Kairatu Kec. Amalatu Kab SBB. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Metode kisah merupakan suatu faktor pendidikan yang penting untuk menumbuhkan sikap, mengubah nilai-nilai, menyeru kepada kebaikan, serta menghias diri dengan akhlak dan sifat-sifat yang mulia, karena cerita mempunyai daya kekuatan, pengaruh dan bimbingan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode kisah dalam penanaman nilai-nilai akhlak pada peserta didik kelas VII SMP N 6 Kairatu Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Serta untuk mengetahui apa saja faktor penunjang dan penghambat implementasi metode kisah pada peserta didik kelas VII SMP N 6 Kairatu Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dilaksanakan di SMP N 6 Kairatu dari tanggal 28 Nevember sampai tanggal 28 Desember, subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang yaitu kepala sekolah dan 1 guru mata pelajaran pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Skripsi ini menunjukan bahwa implementasi metode kisah dalam penanaman nilai akhlak peserta didik kelas VII SMP N 6 Kairatu, Pertama penerapan metode kisah pada peserta didik yaitu dalam mengimplementasikan metode bercerita diupayakan penerapan beberapa langkah yaitu mempraktekkan perilaku terpuji, membiasakan memberi nasehat sesuai daya tangkap peserta didik. kedua Hasil penerapan metode kisah dalam penanaman nilai-nilai akhlak pada peseta didik di SMP N 6 Kairatu yaitu adanya perubahan perilaku yang terkontrol dan berkurangnya kecenderungan kasar, meningkatkan perilaku sopan santun, tingkat perkembangan sosial mengalami peningkatan. Adapun faktor pendukung implementasi metode kisah pada peserta didik kelas VII SMP N 6 Kairatu, yaitu aturan, fasilitas yang memadai dan pengawasan yang baik dari seluruh elemen yang ada sehingga pelaksanaan peran guru pendidikan agama Islam terlaksana dengan baik. Sedangkan faktor-faktor penghambat yaitu guru-guru pendidikan agama Islam sering merasa kesulitan untuk membimbing para peserta didik yang mengalami permasalahan karena latar belakang peserta didik yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Djamila Lasaiba, M.A / Pembimbing II : La Rajab, MA
Uncontrolled Keywords: Implementsi Metode Kisah, Nilai Akhlak Peserta Didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Fuad Umarella
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:00
Last Modified: 14 Sep 2021 05:00
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1158

Actions (login required)

View Item View Item