Penerapan model Conceptual Change berbasis konstruktivisme dalam pembelajaran Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep Ekosistem di MTs Negeri Batu merah Ambon

Risnawati, Ode (2018) Penerapan model Conceptual Change berbasis konstruktivisme dalam pembelajaran Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep Ekosistem di MTs Negeri Batu merah Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_94.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I, III, V_94.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model conceptual change berbasis konstruktivisme dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep ekosistem di MTs Negeri Batumerah Ambon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas (classrom action research). Jenis penelitian ini digunakan untuk mengetahui penerapan model conceptual change berbasis konstruktivisme dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep ekosistem di MTs Negeri Batumerah Ambon. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan mulai tanggal 13 November 2017 s/d tanggal 13 Desember 2017 berlokasi di MTs Negeri Batumerah Ambon, Jln. Kebun Cengkeh, Batumerah Atas Kota Ambon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 19 siswa kelas VII2 MTs Negeri Batumerah Ambon yang tuntas dalam belajar, yakni nilai tesnya mencapai nilai KKM individual (≥70), sedangkan 6 siswa belum tuntas. Namun nilai KKM klasikal yang diperoleh siswa kelas VII2 MTs Negeri Batumerah Ambon adalah sebesar 76%, artinya pada siklus I siswa kelas VII2 MTs Negeri Batumerah Ambon telah mencapai nilai KKM klasikal yang ditetapkan oleh sekolah, yakni ≥75%. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah sebesar 71,60, nilai tersebut telah mencapai nilai KKM individual (≥70). Dengan demikian, model pembelajaran conseptual change berbasis konstruktivisme dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII2 MTs Negeri Batumerah Ambon pada konsep ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Dr. Samad Umarella, M.Pd Pembimbing II; Janaba Renngiwur, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Conceptual Change Konstruktivisme Pembelajaran Biologi Meningkatkan Hasil belajar Ekosistem
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 16 Mar 2021 02:32
Last Modified: 16 Mar 2021 02:32
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item