Buton, Nursia (2021) Pengembangan LKS Materi Sistem Pencernaan Manusia Berbasis Model Discovery Learning Untuk siswa Kelas VIII SMP negeri 22 Buru. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I,III,V.pdf Download (8MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila diterapkan dengan cara yang tepat dan didukung dengan perangkat yang memadai. Perangkat pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah (LKS) yang berisi materi Sistem Pencernaan Pada Manusia. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah Four-D (4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Depelove), Penyebaran (Desiminasi). penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 17 september sampai dengan 17 Oktober 2020. Uji coba LKS dilaksanakan di SMP Negeri 22 Buru dengan tujuan untuk mengetahui kualitas perangkat yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket, lembar validasi, lembar keterlaksanaan Sintak-sintak Pembelajaran dan Soal Tes. Berdasarkan hasil pengembangan dan uji coba menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan dengan nilai Valid 3,9 Praktis, 4% dan Efektif 81,05. serta respon positif terhadap LKS dari siswa dengan persentase 95% berdasarkan hasil respon tersebut maka perangkat yang digunakan dalam penelitian ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Janaba Renngiwur, M.Pd. / Laila Sahubauwa, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | lks, system pencernaan, manusia, discovery learning |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 04:04 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 04:04 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1640 |
Actions (login required)
View Item |