Pengaruh Pemberian Punishment dan Reward Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pelajaran Fikih kelas VIII MTs Al- Fatah Ambon

Mirna, - (2021) Pengaruh Pemberian Punishment dan Reward Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pelajaran Fikih kelas VIII MTs Al- Fatah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengeruh pemberian Punishment dan reward terhadap peningkatan hasil belajar peserat didik pada pelajaran fikih di MTs Al-Fatah Ambon. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif, dilakukan selama satu bulan mulai dari tanggal 19 November 2020 samapai 19 Desember 2020. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII ( VIII1,VIII2,dan VIII3) dan sampel sebanyak 30 orang dari keseluruhan siswa di kelas VIII yang diambil dengan mengunakan teknik rondom sampling acak dengan skor penelitian mengunakan skala likert. Dalam mengukur instrumen peneliti mengunakan angket sebanyak 22 pernyataan yang dilakukan dengan mengunakan google from. Kemudian dilakukan pengujian dengan mengunakan uji validitas dan reliabilitas dengan bantuan SPSS versi 22. Setelah diperoleh data dari hasil angket kemudian peneliti menganalisis data dengan uji linieritas dan normaliatas mengunakan bantuan SPSS versi 22. Variabel hasil belajar fikih berupa nilai ujian tengah semester tahun pelajaran 2019-2020. Teknik analisi data untuk menguji hipotesis peneliti mengunakan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemberian punishment terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai hasil uji hipotesis (uji t) dengan nilai sig 0,00 < 0,05 atau t tabel (5,275) > t hitung (2,051). Maka pemberian punishment secara simultan berpengaruh pada pencapaian hasil belajar peserta didik pelajaran fikih di MTs Al-Fatah Ambon. (2). Ada pengaruh yang posistif dan signifikan pemberian Reward terhadap peserta didik dengan nilai hasil uji hipotesis (uji t) dengan nilai sig 0,03 < 0,05 atau t tabel (2,290) > t hitung (2,051). Maka pemberian reward secara simultan berpengaruh pada pencapaian hasil belajar peserta didik pelajaran fikih di MTs Al-Fatah Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Samad Umarella, M.Pd. / Djamila Lasaiba, M.A.
Uncontrolled Keywords: punisment, reward
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 17 Nov 2021 01:24
Last Modified: 17 Nov 2021 01:24
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item View Item